Subscribe:

Pages

Labels

Sample text

Ads 468x60px

Social Icons

Sample Text

 

Wednesday, December 12, 2012

Peranan UT dalam membentuk SDM berkualitas di Indonesia


Sekarang ini dengan adanya akses internet membuat kita semua yaitu mahasiswa dapat mengakses informasi dari berbagai sumber. Informasi tersebut dapat berupa jurnal ilmiah terkini, kumpulan materi kuliah dan lain-lain. Sementara itu pemanfaatan e-mail juga memudahkan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan semua orang dari seluruh penjuru dunia. 

Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat memudahkan kita untuk mengakses materi pembelajaran secara uptodate, sehingga kita akan mendapatkan materi yang masih relevan digunakan dan dapat mengetahui perkembangannya. Deangan adanya hal tersebut telah mengubah paradigma pendidikan dari teacher centered education menjadi student centered education. Saat ini dosen bukan lagi satu-satunya sumber pengetahuan, tetapi pengetahuan bisa bersumber dari mana saja. 

Sebagai lembaga pendidikan, UT telah berjasa dalam memecahkan problem SDM. Sebagai contoh, di akhir Pelita IV jumlah lulusan SMU mencapai 1,1 juta sedangkan yang tertampung oleh perguruan tinggi yang ada hanya 600.000 orang. Hal-hal tersebut menyebabkan pemerintah mempertimbangkan berdirinya UT, karena mempunyai keunggulan dalam daya tampung besar, tenaga dosen sedikit dan biaya yang relatif murah baik bagi pemerintah maupun mahasiswa. 

Universitas Terbuka menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan/atau profesional yang mampu bersaing secara global, ini terbukti bahwa lulusan-lulusannya menduduki tempat-tempat yang penting dan strategis. Contohnya saja seperti Ibu Negara Ani Susilo Bambang Yudhoyono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Linda Agum Gumelar, Panglima TNI Djoko Santoso, Gubenur Bangka Belitung Eko Maulana Ali (yang sedang menjadi ketua Ikatan Alumni UT), Mantan Menhankam Wiranto, Pengusaha Dr. BRA. Mooryati Soedibjo dan lain sebagainya. Selama menuntut ilmu di UT, mahasiswa diberikan ilmu yang berguna bagi diri dan lingkungan dimana mereka berada. ini terbukti bahwa lulusan UT selain dapat bekerja di pemerintahan atau swasta, dapat juga membuka lapangan kerja yang dapat menyerap banyak lowongan pekerjaan.

0 komentar:

Post a Comment